Tuesday, February 15, 2011

I got my 1st negative film ( Cuci cetak film )

Saturday, 12nd February 2011.
Waktunya cuci cetak film pertama gue dalam hidup. Yea, I gathered with some of ma friends in a group, then we took some photos using SLR (Analog), that was totally different. The feeling, the mental, the contentedness, the pressure, the sensation. Extremely different!
Masuk ke proses cuci cetak, kita abisin dulu filmnya, terus kita keluarin tu film dari kamera, terus bawa tu film ke kamar gelap, inget yanga namanya kamar gelap gak boleh ada cahaya sedikitpun.
Di kamar gelap, kita keluarin isi filmnya buat dimasukin ke dalem rel. Proses "memasukkan" (jangan jorok) film ke dalem rel ini yang paling susah, masalahnya feeling lo main berat, kalo udah biasa mungkin akan jadi gampang, tapi buat super beginner kaya gue? Masukin rol flm ke dalem relnya ini bisa memakan waktu puluhan menit kalo feeling kita lagi gak hoki. Jangan lupa sebelum dimasukkin ke relnya, ujung film lo potong dulu buat di tes sama developer, biar kita tau berapa lama kita harus "ngocok" tu film.
Dan pada giliran ini, gue yang masukin rol film ke relnya, susahnya lagi kalo rol yang yang lo masukin ke rel kusut di tengah jalan padahal udah mau selesai, lo harus ngulang dari awal GONDOK kan?
Dan pada bagiannya lo harus masukin lagi rol itu ke jalur relnya ITU YANG PALING NGENES!
Dan film yang gue rolling pun kusut pada bagian akhirnya, dan GUE MALES NGULANG, jadi biarkanlah orang berkata apa.
Setelah itu kita masukin ke tube khusus yang kalo pas kita masukin cairan, cahaya gak bisa masuk, dengan alat itulah kami mengocok.
Oiya, sebelu dikocok, lo arus tau berapa lama waktu ngocoknya, caranya lo masukin potongan rol film tadi ke dalem cairan developer, sambil diitung berapa detik yg dibutuhin sampe tu film warnannya berubah jadi item.
Misalnya tu film berubah warna selama 30 detik, 30 dibagi 2 = 15, nah berarti lo ngocok tu film yg udah masuk ke rel selama 15menit. INGET DIUBAH JADI MENIT.
Lo kocok selama 15 menit pake cairan DEVELOPER gak boleh berenti, dan harus dengan ritme kocokan yang sama, kalo arahnya verikal, ya terus vertikal. Kalo udah selesai, lo buang developernya dan lo masuin air buat ngebersihin semua cairan developer yg nempel, trus lo buang airnya.
Biar gambarnya jadi tahan lama, langsung masukin cairan fixer, kocok dengan waktu yang sama juga sama kocokan sebelumnya, dan kalo udah, lo masukin air lagi buat ngbersihin fixernya.
Kalo udah gitu film kalian bisa dikeluarin dan bisa bertatap muka secara langsung dengan cahaya. Sebelum dicetak coba jemur dulu biar airnya agak kering, tapi gak usah di panas matahari juga, dalem ruangan juga cukup kok.
Kalo gitu SELAMAT YOUR NEGATIVE FILM HAS DONE!
Kalo negatif kalian mau dicetak jadi foto, kalian harus punya alat khusus, gue lupa namanya, tapi yang jelas alatnya itu memancarkan cahaya yang bisa bikin kertas foto bergambar.
Di alat itu ada fokus, zoom, dan cahaya merahnya. Caranya kalian pilih foto mana yg mau dicetak dari negatif film kalian, udah gitu, kalian masukin ke alat, simpen kertas foto di bawahnya. Kertas foto itu mirip preparat lah kalo di mikroskop. Udah gitu, sebelumnya lo test dulu fokus sama zoomnya, kalo udah pas oke tapi ingey masih pake cahaya merah ya.
Sebelum lo cetak, lo harus tau berapa detik tu kertas foto lo sianrin, caranya, lo gunting aja kertas foto, cobain pake kelipatan waktu, misalnya keliapatan 3, sebagian2 sambil yg laen ditutup, nah kalo udah misalanya lo bagi 5 bagian, berarti ada yg kesinarin 3detik, 6, 9, 12, 15 dari situ lo pilih warna mana yg paling mantep. Misalnya 9 detik, lo atur waktu di timernya 9 detik, yang secara otomatis bikin tu alat nyinarn kertas foto selama 9 detik.
Kalo udah lu tinggal taro kertas foto, set timer dan tunggu. Udah selesai, lo belom bisa gitu aja liat fotonya, lo masukin lagi ke developer, sambil lo usap2 yang alus yg lembut, kalo dia mulai rese karena gambarnya ga keluar juga, bar lo boleh udek2 deh sesuka hati lo sampe gambarnya keluar.
Jangan kelamaan juga, ntar foto lu butek. Ada saran nih dari senior gue, *kalo pas pencahayaan terlalu sebentar, lo bisa siasatin dengan ngucek2 tu foto lebih lama di developer.
Oiya, jangan sampe kertas foto lu kena cahaya ya, dan pas proses penyinaran atau pencetakan, lo cuma boleh ditemani lampu yang paling gede 5 watt dengan warna merah, jadi agak kaya anak remang-remang juga.
Kalo lo gambar udah keluar, lo masukin ke cairan fixer biar tu gambar makin awet, dan terakhir lo bisa jemur tu foto biar eksotis.
Yaudah deh jadi, capek gue.
Semoga bermanfaat ya

2 comments:

Arzia Tivany Wargadiredja