Tuesday, February 15, 2011

I got my 1st negative film ( Cuci cetak film )

Saturday, 12nd February 2011.
Waktunya cuci cetak film pertama gue dalam hidup. Yea, I gathered with some of ma friends in a group, then we took some photos using SLR (Analog), that was totally different. The feeling, the mental, the contentedness, the pressure, the sensation. Extremely different!
Masuk ke proses cuci cetak, kita abisin dulu filmnya, terus kita keluarin tu film dari kamera, terus bawa tu film ke kamar gelap, inget yanga namanya kamar gelap gak boleh ada cahaya sedikitpun.
Di kamar gelap, kita keluarin isi filmnya buat dimasukin ke dalem rel. Proses "memasukkan" (jangan jorok) film ke dalem rel ini yang paling susah, masalahnya feeling lo main berat, kalo udah biasa mungkin akan jadi gampang, tapi buat super beginner kaya gue? Masukin rol flm ke dalem relnya ini bisa memakan waktu puluhan menit kalo feeling kita lagi gak hoki. Jangan lupa sebelum dimasukkin ke relnya, ujung film lo potong dulu buat di tes sama developer, biar kita tau berapa lama kita harus "ngocok" tu film.
Dan pada giliran ini, gue yang masukin rol film ke relnya, susahnya lagi kalo rol yang yang lo masukin ke rel kusut di tengah jalan padahal udah mau selesai, lo harus ngulang dari awal GONDOK kan?
Dan pada bagiannya lo harus masukin lagi rol itu ke jalur relnya ITU YANG PALING NGENES!
Dan film yang gue rolling pun kusut pada bagian akhirnya, dan GUE MALES NGULANG, jadi biarkanlah orang berkata apa.
Setelah itu kita masukin ke tube khusus yang kalo pas kita masukin cairan, cahaya gak bisa masuk, dengan alat itulah kami mengocok.
Oiya, sebelu dikocok, lo arus tau berapa lama waktu ngocoknya, caranya lo masukin potongan rol film tadi ke dalem cairan developer, sambil diitung berapa detik yg dibutuhin sampe tu film warnannya berubah jadi item.
Misalnya tu film berubah warna selama 30 detik, 30 dibagi 2 = 15, nah berarti lo ngocok tu film yg udah masuk ke rel selama 15menit. INGET DIUBAH JADI MENIT.
Lo kocok selama 15 menit pake cairan DEVELOPER gak boleh berenti, dan harus dengan ritme kocokan yang sama, kalo arahnya verikal, ya terus vertikal. Kalo udah selesai, lo buang developernya dan lo masuin air buat ngebersihin semua cairan developer yg nempel, trus lo buang airnya.
Biar gambarnya jadi tahan lama, langsung masukin cairan fixer, kocok dengan waktu yang sama juga sama kocokan sebelumnya, dan kalo udah, lo masukin air lagi buat ngbersihin fixernya.
Kalo udah gitu film kalian bisa dikeluarin dan bisa bertatap muka secara langsung dengan cahaya. Sebelum dicetak coba jemur dulu biar airnya agak kering, tapi gak usah di panas matahari juga, dalem ruangan juga cukup kok.
Kalo gitu SELAMAT YOUR NEGATIVE FILM HAS DONE!
Kalo negatif kalian mau dicetak jadi foto, kalian harus punya alat khusus, gue lupa namanya, tapi yang jelas alatnya itu memancarkan cahaya yang bisa bikin kertas foto bergambar.
Di alat itu ada fokus, zoom, dan cahaya merahnya. Caranya kalian pilih foto mana yg mau dicetak dari negatif film kalian, udah gitu, kalian masukin ke alat, simpen kertas foto di bawahnya. Kertas foto itu mirip preparat lah kalo di mikroskop. Udah gitu, sebelumnya lo test dulu fokus sama zoomnya, kalo udah pas oke tapi ingey masih pake cahaya merah ya.
Sebelum lo cetak, lo harus tau berapa detik tu kertas foto lo sianrin, caranya, lo gunting aja kertas foto, cobain pake kelipatan waktu, misalnya keliapatan 3, sebagian2 sambil yg laen ditutup, nah kalo udah misalanya lo bagi 5 bagian, berarti ada yg kesinarin 3detik, 6, 9, 12, 15 dari situ lo pilih warna mana yg paling mantep. Misalnya 9 detik, lo atur waktu di timernya 9 detik, yang secara otomatis bikin tu alat nyinarn kertas foto selama 9 detik.
Kalo udah lu tinggal taro kertas foto, set timer dan tunggu. Udah selesai, lo belom bisa gitu aja liat fotonya, lo masukin lagi ke developer, sambil lo usap2 yang alus yg lembut, kalo dia mulai rese karena gambarnya ga keluar juga, bar lo boleh udek2 deh sesuka hati lo sampe gambarnya keluar.
Jangan kelamaan juga, ntar foto lu butek. Ada saran nih dari senior gue, *kalo pas pencahayaan terlalu sebentar, lo bisa siasatin dengan ngucek2 tu foto lebih lama di developer.
Oiya, jangan sampe kertas foto lu kena cahaya ya, dan pas proses penyinaran atau pencetakan, lo cuma boleh ditemani lampu yang paling gede 5 watt dengan warna merah, jadi agak kaya anak remang-remang juga.
Kalo lo gambar udah keluar, lo masukin ke cairan fixer biar tu gambar makin awet, dan terakhir lo bisa jemur tu foto biar eksotis.
Yaudah deh jadi, capek gue.
Semoga bermanfaat ya

Friday, February 11, 2011

Just like your name "Remedy", You heal !!! Cause you're hot REMEDY WALONI !!!
- Arzia Tivany Wargadiredja

 is it you?
oh it's you!
photo by dimas wisnuwardana


Thursday, February 10, 2011

My Horror Birthday

10 Februari 2011, ultah gue yang ke 19. Ini pertama kalinya gue ulang tahun di Jatinangor. Sebenernya gak ada yang gue harapin banget banget selain beasiswa ke luar, cuma paling enggak hari ini gua bisa ngebersihin kamar abis-abisan, bisa puasa karena ini hari Kamis, dan paling enggak gua gak nyia-nyiain waktu gue.
Hari ini, gue udah janji mau buka puasa bareng sama sobat gue dina sonyah, tapi sebelumnya gue ke rumah tante gue dulu gembaliin helm. Magrib tepatnya gue pulang dari tempat tante gue, menuju ke tempat makan di daerah Ciseke, namanya Talijiwo. Tu tempat makan enak banget lah enak banget kalo menurut gue. Selesai makan dari sana, rencananya kita mau ngambil duit di ATM, soalnya dina mau bayar les bahasa. Karena jalan di Jatinangor tuh searah, kita mutusin ngambil di ATM IKOPIN, soalnya kalo di ATM Unpad, berarti harus muter lagi. Tapi kita gak jadi ngambil disitu soalnya pecahan 50ribu, dina ngambil duit lumayan banyak, jadi mutusin buat ngambil duit di Unpad yang ATMnya pecahan 100ribu.
Pas keluar dariATM IKOPIN, kita penasaran sama ikopin masuklah kita ke dalemnya dan ternyata gelap banget, kita ngukutin motor yang ada di depan kita, tapi ternyata motor itu makin lama makin ke dalem dan lumayan gelap, yaudah kita putusin buat puter balik.
Mauklah kita ke area Unpad, selesai ngambil duit di ATM centre, kita ngerasa kayanya asik juga ya jalan2 di sana, padahal masih jam 8 malem, yaudah pertama kita naek ke tanjakan cinta unpad, masuk ke tempat parkir fikom yang belakang, jalan lagi ke bale santika, dan memandang rektorat kita yang gagah yang masih dalam proses pembangunan. Dari bale, kita aslnya mau pulang lewat belakang fikom lagi yang emang jalannya terang, tapi sang rider yaitu dina sonyah malah ngebelokin ke arah jajaran fakultas geologi, jalannya gak gelap-gelap banget cuma emang sepi. Sepanjang jalan kita coba berposting-posting ria dengan sok2an ngeliat city of lights, tapi pas depan fakultas geologi yang jalannya agak turun, gue ngedenger suara sesuatu yang gue gak tau apaan, suaranya itu kaya suara orang ngusir ayam ato kucing, dan berasa deket banget di kuping gue, "sshhuuuhh ssshhuuuhh..!" gitu, dan temen gue dina, gak dengar sama sekali. Dari situ gue langsung nyuruh dina buat ngebut walopun pas turunan. Pas udah lewat belakang psikologi yang masih jajaran situ juga udah mulai agak tenang dan ada orang, kita mulai biasa lagi dan gue gak anggep apa2, turunlah kita lewat turunan unpad terus, dibawah turunan itu kan ada bunderan, kita mau belok ke kanan ke arah FKG, pas mau belok banget, gue denger lagi suara yang sama kaya yang gue denger di depan Geologi, seketika pas gue denger gue langsung teriak, dan motor yang kita tumpangin langsung oleng ampir jatoh, seketika itu pula motor mulai kerasa makin berat, dan ban belakangnya makn lama makin kempes. Depan fakultas kedokteran, kita turun dan mulai dorong motor sampe tambal ban yang ada di sebelah pos polisi deket Jatos! Lumayan jauh kan noh? Anehnya lagi pas kita mau ke pintu keluar kita lewat tanjakan arboretum yang deket danau, dan dina bilang dia denger suara yang ampir mirip sama yang gue denger di tanjakan arboretum itu.
Pas di tambal ban, abangnya bilang kalo bannya udah sobek, yaudahleh kita dorong lagi tu motor sampe kosan temen dina di ciseke, lumayan kan? Bsok mungkin kita cus ke dealer. Dan setelath gue pulang ke kosan, gue baru sadar kalo ini malem jumat kliwon, dan harusnya kira ngaji dan solat di kosan.
Kalo lo berharap ultah lo gak terlupakan coba deh maen2 ke unpad jatinangor.

Inspiring Nicoline Patricia Malina

Nicoline Patricia Malina was born in Surabaya, studied Fine Art in Utrecht, and currently shooting in Jakarta. Her photographic aesthetic is distinctive, rich colors and impeccable sense of details dominate the scene, combined with raw and cinematic black and white. From natural landscape to a tiny hotel rooms, she makes them all appear as if they are sets which have been specifically constructed for the shoot taking place.

CLIENTS
Editorial: Harper’s Bazaar, Elle, Amica, Esquire, Maxim, Cosmopolitan, Marie Claire
Commercial: JWT, McCann, Lowe, Bates, FAME74, Coca Cola, A Mild, WWF, Senayan City, Immigrant

AWARDS
"Iconique Societas Excellence in Fashion Photography", 2007
"Young Photographer of The Year", ELLE Style Awards 2009
"Photographer of The Year", A+ Scarlett Celebrity Fashion Awards, 2009

EXHIBITIONS
"Women On Top", Amica Presents Nicoline Patricia Malina Solo Exhibition, Senayan City Jakarta, 3-12 April 2009
"HotelHotel", Individualists Exhibition, Galeri Salihara Jakarta, 10 June 2009
"Paris Defile", Food & Fashion Week, The Ritz-Carlton, Jakarta, 6-14 July 2009
"BLIPFest: Imagemakers of The Future", Alila Ubud, Bali, October 2009
"Wonderland", Senayan City Fashion Nation and Sony Alpha Presents Nicoline Patricia Malina Solo Exhibition, Senayan City Jakarta, 28 April-9 May 2010

Catch her photos that I took from facebook.
Those are my favourites.









or just visit her website to catch up hers more nicolinepatricia or follow her diary nicolinepatricia's diary

Tuesday, February 8, 2011

Summer Vacation

Been always dreaming about going somewhere else and capturing the moment. My destination is USA. I don't know why do i love this country. Portugal is also my next destination in summer.
I'm gonna tell you what's my dream place to visit. Here ya go!

1. Achorage, Alaska, USA (Anchorage Skyline Evening)
Why? Because I really love the Anchorage Skyline Evening, I wanna go there in summer. You'll love this.

2. Grand Canyon, Arizona, USA (In May)
The best all-around periods are May and mid-September to mid-October. And, I'll choose May! Why cause you can see Snowy Grand Canyon in may, it could be 3 inches. I bet, you'll love that. But, remember the weather it may be hazardous.


 3. Azores, Portugal
The Archipelago of the Azores is composed of nine volcanic islands situated in the middle of the North Atlantic Ocean. The Portuguese Archipelago  is located about 1,500 km (930 mi) west from Lisbon and about 3,900 km (2,400 mi) east from the east coast of North America. (Wikipedia)
You must be love this archipelago, it's a tropical region in Portugal. GUESS! What do I love first from this place? It's the name. AZORES.

Friday, February 4, 2011

"Jika kau khawatir, kau mati. Jika tidak khawatir, kau juga mati. Jadi, buat apa khawatir?"


-Mike Horn
There was an error in this gadget

Arzia Tivany Wargadiredja