Sunday, December 8, 2013

Ekspedisi Kompas, Hidup Mati di Negeri Cincin Api - Ahmad Arif


Judul                     : Ekspedisi Kompas, Hidup Mati di Negeri Cincin Api
Penulis                   : Ahmad Arif
Penerbit                 : Penerbit Buku Kompas, Jakarta, 2013
Tebal                     : viii + 216 hlm;28 cm x 22 cm
ISBN                     : 978-979-709-679-3

Gagasan mengenai Indonesia mungkin sama sekali dianggap tak ada kaitannya dengan keajaiban morfologis yang dimiliki negeri yang ratusan tahun dijajah karena kekayaannya sendiri. Buku ini adalah sebuah entitas, dari konsep kelahiran, kepercayaan, pola hidup, kearifan lokal, kekayaan, kebinasaan suatu peradaban, hingga ramalan bagi calon penghuni “negeri mega-bencana” ini.

Secara tidak langsung, konsep negara kepulauan di ataslah yang membuat nama Indonesia tersebut muncul. Berawal dari sebutan seorang ahli etnografi yakni George Samuel Windsor Earl yang memberi nama khusus bagi masyarakat cabang ras Polinesia yang mendiami Kepulauan Hindia. Kemudian, nama Indonesia tidak digunakan lagi sampai akhirnya digunakan kembali oleh James Logan yang menggunakannya sebagai istilah geografis yang merujuk pada kata “Indian Archipelago”.1

Tabrakan dan pergeseran lempeng-lempeng besar inilah yang menghasilkan deretan kepulauan Indian Archipelago ini, yang sekaligus mendatangkan bonus utama, yaitu jajaran gunung api terbanyak dan teraktif di dunia. Hal ini pun menjadi konsekuensi logis bagi tanah yang subur, kekayaan hayati, pemineralan yang kaya dan khas, pengendapan sumber energi di bawah alas kaki, relief bumi yang rupawan, dan kehidupan di atasnya yang menakjubkan.

Tak heran jika beberapa abad sebelumnya, Prabu Jayabaya yang terkenal akan ramalannya telah menuliskan syair-syairnya yang dianggap relevan dengan kehidupan masa kini,
Banjir bandang ana ngendi-endi
Gunung njeblug tan anjarwani, tan angimpeni
Gehtinge kepathi-pati marang pandhita kang oleh pati geni
Marga wedi kapiyak wadine sapa sira sing sayekti 2

Konsep Ekspedisi Cincin Api sebelumnya jelas sudah ada, tapi tak sepopular saat ini. Bahkan ekspedisi mengenlilingi negeri cincin api telah diawali bangsa asing, ada Lorne dan Lawrence Blair yang melakukan ekspedisi keliling Nusantara selama 10 tahun dan dimulai sejak 1972. Pelayaran sejauh 2500 mil tersebut bermula dari jejak leluhur bangsa kulit putih yang mencari rempah-rempah dan burung Cendrawasih kuning-putih. Ekspedisi yang dibiayai oleh penabuh drum grup band kenamaan The Beatles, Ringo Starr ini bahkan dijadikan produk jurnalistik pula berupa acara televisi dengan judul “Ring of Fire”. 3

Ekspedisi dengan tema menelusuri cincin api pun kembali dilakukan, kali ini pribumi beraksi dalam “Ekspedisi Cincin Api Kompas” dan “Ring of Fire Adventure” yang digawangi pasukan keluarga Tanzil, dan dilakukan dalam jangka waktu yang hampir bersamaan. Ada satu hal yang dimiliki buku ini, sajian jurnalisme yang menampilkan kedalaman masalah tak hanya dari satu dimensi. Disebut-sebut menganut ciri ‘beyond journalism’, laporan ini berhasil menghantarkan Anugerah Tirto Adhi Soerjo atas pencapaian membanggakan di biddang jurnalistik.

Ekspedisi ini melibatkan para ilmuwan dari berbagai bidang, mulai dari geologi, arkeologi, botani, antropologi, bahasa, bahkan sejarah untuk mengungkap apa sisa-sisa yang telah terkubur untuk sekaligus memprediksi apa yang akan timbul. Namun, produk jurnalistik yang mengangkat tema cincin api bukanlah yang pertama kali. Buku ini seharusnya kembali berupaya untuk memunculkan sisi “ekspedisi”, dimana ekspedisi berarti yang pertama atau yang terbaru. Penonjolan hal tersebutlah terdengar kurang dari buku ini ,padahal kini buku mengenai ekspedisi cincin api lain sedang diproduksi, dan sajian televisi pun masih mengudara.

Memahami Negeri Sendiri
Sebanyak 127 gunung aktif hidup di Kepulauan Indonesia. Jumlah ini sekaligus menegaskan bahwa Indonesia memiliki jumlah gunung api terbanyak di dunia, sekaligus sebagai episentrum bagi 90 persen gempa di bumi, dan 81 persen di antaranya memiliki kekuatan yang terbesar di dunia. Dalam jangka waktu 1629 – 2012 tak kurang dari 117 tsunami terjadi. Belum lagi pemahaman yang keliru terhadap keadaan geografis sekitar, yang menyebabkan bancana ini menyebabkan banyak korban.

Banyak yang salah duga bahwa Kota Ternate yang selama ini ditinggali penduduk berada di kaki Gunung Gamalama yang jika diukur dari permukaan laut hanya setinggi 1715 meter. Nyatanya kaki gunung ini berada di bawah laut dengan ketinggian 3000 meter. Sejatinya, kota ternate berada di tubuh gunung tersebut.
Belum lagi Tambora, letusan dahsyat pada April 1815, mengeluarkan total volume 150 miliar meter kubik, mengacaukan angin monsoon, menyebabkan hujan berkepanjangan dan banjir di India, Pakistan, dan Bangladesh, kelaparan melanda Asia Selatan hingga Utara, menyebabkan 1816 sebagai tahun tanpa musim panas.

Krakatau pun berulah sama pada 1883. Pulau Danan dan Perbuatan pun hilang tenggelam, letusannya terdengar sejauh 4800 km hingga Mauritus, menjadi biang keladi tsunami raksasa yang menerjang Banten dan Lampung, dan menurut De Neve (1984) kekuatannya setara dengan 21.574 kali bom atom.

Belum lagi, fenomena mengerikan terbaru terjadi di Aceh, Minggu pagi 26 Desember 2004. Kerak bumi sebelah barat Aceh terangkat dan menggoyang area sekitarnya dengan kekuatan 9,3 Skala Richter. Faktanya, gempa bumi di Aceh inbi mengeluarkan daya lebih besar jika dibandingkan dengan seluruh gempa bumi di dunia yang terjadi dalam kurun 10 tahun sebelumnya. Miliaran ton air laut tersebut tumpah ke daratan sampai 9 kilometer dari bibir pantai, menewaskan ratusan ribu orang di 14 negara.

Namun dari sekian banyak bencana luar biasa yang terjadi di negeri ini, karena hal itulah mereka semakin terikat di jalur patahan bumi. Jika sebagian penduduk Amerika Serikat menghampiri bahaya dengan berbondong-bondong bermigrasi ke California dalam fenomena Gold Rush, yang nyatanya secara geologis merupakan salah satu wilayah tumbukan sesar berbahaya di dunia. Maka, rakyat Indonesia sudah dilahirkan di tempat semestinya, tempat penuh bahaya, yang memaksa masyarakat memahami sendiri segala bentuk fenomena alam dengan segala keterbatasan.

“Engel mon sao surito. Inang maso semon manoknop sao fano. Unen ne alek linon, fesang bakat ne mali. Manoknop sao hampung tibo-tibo maawi. Ede smong kahane, turiang da nenekta. Miredem teher ere fesan naïf-nafi da. Smong dumek-dumek mo…”4

Adalah Smong, pengetahuan yang diperoleh dari peristiwa gempa dan tsunami 1907. Kisah tersebut diwariskan secara lisan. Hal inilah yang membuat warga Simeulue lebih siap dengan kejadian tsunami. Buktinya, korban relatif sedikit yakni tujuh orang dari total penduduk 78.128 yang tinggal di pesisir pantai. Faktanya, gelombang tsunami yang menerjang Simeulue seperempat jam lebih cepat daripada di Meulaboh. Keterikatan antara manusia dan gunung pun menjadi sebuah pengabdian luar biasa bahkan untuk nyawa sekalipun.

Melalui buku inilah, pembaca dipaksa menyadari bahwa bahaya sesungguhnya dari menetap di negeri api ini penuh bahaya. Memaksa pembaca untuk meahami kebijakan sistem-sistem kepercayaan dan sosial yang dibentuk untuk melindungi anak-cucu yang belum hadir. Membuat terpacu membaca kembali sisi lain Indonesia tak hanya sekedar naskah di buku Geografi SMA yang menyatakan bahwa negeri ini terletak di antara dua benua dan dua samudera. Tapi membuat sejarah, sosiologi, dan antropologi menjadi menarik untuk dibaca kembali.

Disertai foto-foto jurnalistik yang menggugah mata, serangkaian ilustrasi yang mudah dimafhumi. Sekaligus gaya bahasa yang mengalir, kaya informasi. Penyampaian informasi dibuat layaknya berita khas yang dapat mengaduk emosi, seketika membuat bangga, sekaligus miris, dan kembali mengagumi hikayat negeri cincin api. Sudah selayaknya para penghuni negeri cincin api mengetahui bahaya besar yang ada di sekitar

Sumber dan Catatan Kaki
1. R. E. Elson, “The Idea of Indonesia”, Serambi. 2008. 3.n
2. Bait Terakhir Ramalan Jayabaya
3. L awrence Blair, Lorne Blair, Ring of Fire, Indonesia dalam Lingkaran Api. Ufuk Press. 2010. 1-2.n
4. Penggalan bait “smong”. Cerita lisan masyarakat Simeulue tentang tsunami 1833 dan 1907

No comments:

Post a Comment

Arzia Tivany Wargadiredja